Rabu, 30 Januari 2013

cara mudah belajar excel

CARA MUDAH BELAJAR MS EXCEL

Haii. Kawan,, kali ini saya ingin berbagi sedikit ilmu tentang CARA MUDAH BELAJAR EXCEL.
Kebanyakan orang berfikir belajar excel sangat sulit, dikarenakan banyaknya rumus yang sulit dimengerti, bukan hanya faktor itu saja yang membuat orang bingung, faktor lainnya juga seperti kesulitan menggabungkan rumus rumus yang ada di excel tersebut, nah maka dari itu anda beruntung sekali bisa mampir ke blog ku, karna dengan singkat dan padat, saya akan menjelaskan secara rinci dan detail mempelajari excel, bagi kalian yang sudah mahir menggunakan aplikasi pengolah kata ini (EXCEL) tidak masalah, karna saya hanya menjelaskan kepada yang belum mengerti saja,, J

                Oke.. sebelum nya mari kita lihat rumus yang sudah saya sedikaan di bawah ini untuk kallian pahami .. cekkodoo0ot...
A. Fungsi

1. Fungsi Logika
A. Fungsi AND, Or, dan NOT
Fungsi AND akan menghasilkan nilai True jika semua kondisinya terpenuhi. Sedangkan OR akan menghasilkan True apabila dua kondisinya terpenuhi. Dan NOT menyangkal sebuah kondisi.

B. Fungsi IF Bercabang
Fungsi IF bercabang merupakan pengembangan dari bentuk fungsi IF tunggal yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang cukup kompleks. Contoh : =IF(Nilai <>

2. Fungsi String
1. VALUE, digunakan untuk merubah nilai teks numberik menjadi nilai value (bersifat bilangan).
2. FIND, digunakan untuk menghasilakan posisi substring dari sebuah string.hasil dari fungsi ini adalah suatu nomor dari karakter yang dicari. Penulisannya FIND(cari teks, pada teks, mulai nomor).
3. MID, digunakan untuk mengambil karakter tertentu dari sederet karakter.
4. LEFT dan RIGHT, Fungsi LEFT digunakan untuk mengambil substring dari sebelah kiri string. Sedangkan Fungsi RIGHT digunakan untuk mengambil substring dari sebelah kanan substring.
5. REPLACE, digunakan untuk menggantikan substring dengan substring lainnya.
6. CONCATENATE, digunakan untuk menggabungkan string untuk menjadi suatu kalimat.

3. Fungsi Tanggal dan Waktu
1. Fungsi DATE, digunakan untuk memasukkan tanggal ke dalam suatu sel.
2. Fungsi YEAR, MONTH, DAY, digunakan untuk mengambil tahun, bula, dan tanggal
3. Fungsi NOW dan TODAY, NOW digunakan mengambil tanggal dan waktu dari system dengan format default mm/dd/yy. Fungsi TODAY hanya mengambil tanggal dari system computer dengan format default mm/dd/yy.
4. Funsi TIME, digunakan untuk memasukkan waktu ke sebuah sel atau mengubah angka serial waktu ke dalam waktu tertentu.
5. Fungsi HOUR, MINUTE, SECOND. HOUR digunakan mengambil jam dari sebuah penulisan waktu atau dari angka serial waktu. MINUTE digunakn mengambil menit dari sebuah penulisan waktu. SECOND digunakan mengambil detik dari sebuah penulisan waktu.
6. Fungsi DATEVALUE dan TIMEVALUE. Fungsi DATEVALUE mengubah nilai tanggal antara 1 januari 1990 dan 31 desember 2007 menjadi serial angka. Fungsi TIMEVALUE mengubah waktu menjadi serial angka dalam bentuk decimal antara 0 dan 1.

4. Fungsi Tabel
1. HLOOKUP(Lookup_value, Table_array, row_index_num,……)
2. VLOOKUP(Lookup_value, Table_array, col_index_num,……)
Fasilitas yang disediakan Microsoft Excel, untuk mengurangi kesalahan penulisan rumus:
• Klik Cell yang dituju
• Pilih menu insert dan klik Function sehingga muncul kotak dialog Paste Funticion
• Pada daftar Funcition category, klik Lookup & Refence dan pada Funtion name klik VLOOKUP lalu klik OK
• Lookup_value diisi dengan cell kunci yang akan dibandingkan dengan table.
• Table_array diisi dengan range table data yang akan dibaca.
• Col_index_num diisi nomor indeks kolom yang akan diambil datanya
• Klik OK.

5. Fungsi yang sering digunakan
1. Fungsi Sum(…)
Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range.
2. Fungsi Averange(….)
Digunakan untuk mencari nilai rata – rata dari sekumpulan data(range).
3. Fungsi Max(…)
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data(range).
4. Fungsi Min(…)
Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data(range).
5. Fungsi Count(…)
Digunakan untuk menghitung jumlah data dari suatu range yang kita pilih.
6. Fungsi STDEV(…)
Digunakan untuk menentukan standar deviasi dari suatu data (range).
7. Fungsi Var(..)
Digunakan untuk menentukan nilai variance dari suatu data(range).
Di MS Excel terdapat fungsi yang namanya Datedif, namun fungsi tersebut tidak tercantum dalam daftar fungsi saat kita mengakses Insert ? Function.. Kalo kita menggunakan MS Excel 2000, dengan melakukan pencarian pada Help-nya, dokumentasi tentang fungsi ini tersedia. Sayangnya, pada MS Excel 2003 dokumentasinya sudah tidak tersedia, meskipun fungsi tersebut masih dapat digunakan. Dapat dimaklumi, karena menurut dokumentasi pada MS Excel 2000, fungsi ini disediakan agar kompatibel dengan Lotus 1-2-3.
Fungsi datedif digunakan untuk menghitung jumlah hari, bulan atau tahun antara dua tanggal.
Start date dan end date ditulis dalam format string misalnya "24/3/2004" atau nomor serial tanggal atau merujuk ke data tanggal pada cell lain.
Unit digunakan untuk menentukan tipe informasi keluaran yang diinginkan, yaitu:
• "Y"
Keluarannya adalah jumlah selisih tahun penuh. Antara tanggal 24/3/2004 sampai 23/3/2005 menghasilkan nilai 0, sedang jika sampai dengan 24/3/2005 menghasilkan 1.
• "M"
Keluarannya adalah jumlah selisih bulan penuh. Antara tanggal 24/3/2004 sampai 23/3/2005 menghasilkan nilai 11, sedang jika sampai dengan 24/3/2005 menghasilkan 12.
• "D"
Keluarnnya adalah jumlah selisih hari.
• "MD"
Keluarannya adalah jumlah selisih hari dengan mengabaikan tahun dan bulannya.
• "YM"
Keluarannya adalah selisih bulan dengan mengabaikan tahun dan tanggalnya.
• "YD"
Keluarannya adalah selisih hari dengan mengabaikan tahunnya

NAH,, rumus sudah saya jelaskan,, sekarang saya ingin memberikan sebuah contoh sederhana yang sangat mudah anda pelajari.
Cekiido0ooo0t......

1. buak ms EXCEL ( pastinya anda sudah tahu donk cara membuka ms excel nya, dengan begitu saya tidak usah menjelaskan nya lagi,
2. buat tabel seperti di bawah ini
EXCEL 2 KOSONG
 











 Dan ikuti langkah di bawah ini untuk mengisi kolom yang kosong (kolom yang kosong artinya harus diisi dengan rumus, sedangkan kolom yang sudah di isi seperti nilai ujian itu di isi tanpa rumus karna kolom tersebut adala data utamanya)
a. Jumlah Nilai
RUMUS     = SUM(NILAI KESELURUHAN)
Contoh :
Rumus untuk mengisi cell E3 adalah     =SUM(B3:D3)
hasilnya adalah E3 = 24
b. Rata Rata
RUMUS     = AVERAGE(NILAI KESELURUHAN)
Contoh :
Rumus untuk mengisi cell F3 adalah     =AVERAGE(B3:D3)
hasilnya adalah F3 = 8
c. Ranking /urutan
RUMUS     =RANK(RATA1;RATA KESELURUHAN)
Contoh :
Rumus untuk mengisi cell G3 adalah     =RANK(F3;F3:F8)
hasilnya adalah G3 = 1
d. Keterangan
RUMUS     = IF(KONDISI;”PERNYATAAN1”;” PERNYATAAN2”)
Contoh :
Rumus untuk mengisi cell H3 adalah     =IF(F3>5;”LULUS”;”GAGAL”)
Maksudnya : jika rata ratanya lebih dari 5, maka keterangan= LULUS , jika selain itu keterangan =GAGAL.
hasilnya adalah H3 = LULUS
e. Jumlah Nilai Yang Terbesar
RUMUS     = MAX(JUMLAH NILAI KESELURUHAN)
Contoh :
Rumus untuk mengisi cell D10 adalah     =MAX(E3:E8)
hasilnya adalah D10 = 24
f. Jumlah Nilai Yang Terkecil
RUMUS     =MIN(JUMLAH NILAI KESELURUHAN)
Contoh :
Rumus untuk mengisi cell D11 adalah     =MIN(E3:E8)
hasilnya adalah D11 = 9
3. lakukan pengisian data pada seluruh cell kosong yang tersisa dengan menggunakan rumus !
HASIL AKHIR :
EXCEL 2 ISI
                        SELAMAT MENCOBA..... GOOD LUCK....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ayo komentar di post ku,,